Issues in Mathematics Educations (IMED)
Vol. 9 No. 2 (2025): Volume 9 Nomor 2 Tahun 2025

Implementasi Assessment for Learning Pada Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Kelas VII MTs Yp Tutallu

Nasrullah (Unknown)
Ruslan (Unknown)
Nur Reski Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan hasil implementasi assessment for learning pada pendekatan saintifik pokok bahasan aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 18 siswa. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti dan instrumen pendukung yang digunakan adalah lembar observasi keteraksanaan pembelajaran, dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I ke siklus II Mengalami peningkatan pada proses pembelajaran dilihat dari lembar penilaian yang dibuat, dan untuk hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat. Pada siklus I menunjukkan bahwa 8 peserta didik atau 44,44% termasuk dalam kategori tidak tuntas dan 10 peserta didik atau 55,56% termasuk dalam kategori tuntas. Pada siklus II menunjukkan bahwa 3 peserta didik atau 16,67% termasuk dalam kategori tidak tuntas dan 15 peserta didik atau 83,33% termasuk dalam kategori tuntas. Disiklus II sudah menunjukan melebihi standar klasikal yaitu 80%.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IMED

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to ...