Journal of Innovation and Learning
Vol. 3 No. 1 (2024): February

Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas III SD

Ni Gusti Ayu Made Linda Puspitawati (Unknown)
Ni Wayan Suniasih (Unknown)
Ni Nyoman Ganing (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2024

Abstract

Keterampilan baca tulis merupakan pondasi dasar dalam mempelajari ilmu pengetahuan dengan salah satu bentuknya adalah keterampilan menulis deskripsi. Namun faktanya, keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SD masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu 5 kelas dari 2 sekolah dengan jumlah siswa 170 orang. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri atas siswa kelas III sejumlah 35 orang sebagai kelas eksperimen dan 27 orang sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan instrumen berupa tes uraian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memperoleh thitung = 6,4 dalam taraf signifikansi 5% dengan dk = (35 + 27) – 2 = 60 dan ttabel = 1,67. Hal tersebut menunjukkan thitung = 6,4 > ttabel = 1,67, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, kebaruan model pembelajaran concept sentence berbantuan media gambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas III SD. Penelitian ini berimplikasi pada peningkatan kualitas pembelajaran melalui inovasi model serta media pembelajaran yang menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIL

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially ...