Journal of Innovation and Learning
Vol. 2 No. 2 (2023): August

Model Pembelajaran SQ3R berbantuan Teks Nonfiksi solusi Meningkatkan Kompetensi Membaca Pemahaman Bahasa Indonesia

Agnevaswari, Luh Gede Pasek (Unknown)
Ni Nyoman Ganing (Unknown)
I Gusti Agung Ayu Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi membaca pemahaman peserta didik adalah rendahnya minat membaca peserta didik. Diperlukan pembaruan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kompetensi membaca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan model pembelajaran SQ3R berbantuan teks nonfiksi terhadap kompetensi membaca pemahaman bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus Srikandi sebanyak 376 siswa. Sampel penelitian ini diantaranya 25 siswa kelas V SD Negeri 5 Sumerta sebagai kelompok eksperimen dan 24 siswa kelas V SD Negeri 2 Sumerta sebagai kelompok kontrol. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan tes uraian atau essay. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial uji Anakova (Analisis Kovarian). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Fhitung (9,338) lebih besar daripada Ftabel (4,052) pada taraf signifikasi 5% dengan dk = 46. Hal ini menunjukkan penerimaan H1 diterima. Nilai rata-rata kompetensi membaca pemahaman bahasa Indonesia kelompok eksperimen adalah 98 lebih besar dari nilai rata-rata kelompok kontrol yaitu 77. Sehingga, dapat disimpulkan model pembelajaran SQ3R berbantuan teks nonfiksi berpengaruh terhadap kompetensi membaca pemahaman bahasa Indonesia siswa kelas V sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIL

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially ...