Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dan pendekatan pembelajaran yang efektif dalam proses pembelajaran IPAS, yang berdampak pada minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan rancang bangun multimedia IPAS berbasis pendekatan open-ended pada materi melihat karena cahaya mendengar karena bunyi untuk kelas V sekolah dasar, (2) menilai kualitas multimedia ini dari aspek rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, serta hasil uji coba perorangan dan kelompok kecil, dan (3) menguji efektivitas multimedia tersebut. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui angket dan tes, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan statistik inferensial. Hasil review ahli menunjukkan skor rata-rata 90% dengan kualifikasi sangat baik pada aspek rancang bangun, isi materi, desain instruksional, dan media pembelajaran. Uji coba perorangan dan kelompok kecil memperoleh skor rata-rata masing-masing 92,71% dan 97,92%, keduanya dengan kualifikasi sangat baik. Uji efektivitas menunjukkan nilai Thitung sebesar 53,367, yang lebih besar dari Ttabel (2,064) pada taraf signifikansi 5% dengan df = 24, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, multimedia IPAS berbasis pendekatan open-ended terbukti efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi melihat karena cahaya mendengar karena bunyi di kelas V sekolah dasar.
Copyrights © 2023