Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara gaya kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini serta menciptakan lingkungan belajar yang ramah pada anak. Artikel ini dibuat dengan metode penelitian library research. Data penulisan diperoleh dari penelitian jurnal, artikel lain, dan hasil penelitian di jurnal lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gaya kepemimpinan demokratis adalah suatu upaya dalam mempengaruhi orang lain dalam bekerjasama untuk terwujudnya tujuan yang sama. Kedua, kepemimpinan demokratis memberi kesempatan pada siapapun dalam berpartisipasi baik dalam pemberian saran serta pelaksanaan. Ketiga, kepemimpinan demokratis juga menjadi penunjang dalam menciptakan lingkungan belajar yang ramah pada anak. Keempat, dalam lingkungan belajar ramah anak harus adanya kolaborasi yang aktif pada Kepala Sekolah, guru, orang tua serta lingkungan masyarakat dan kelima, dalam penerapan lingkungan belajar ramah anak yang berhasil ada peran Kepala Sekolah yang menentukan kemajuan sekolah dan pertimbangan diberbagai hal.
Copyrights © 2025