Kepemimpinan di sektor pendidikan memiliki fungsi kunci dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung serta memberdayakan seluruh elemen sekolah agar dapat mencapai sasaran pendidikan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengeksplorasi definisi dan ciri-ciri kepemimpinan dalam pendidikan, menjelaskan penerapan model kepemimpinan transformasional dan instruksional di sekolah, serta menganalisis signifikansi kepemimpinan dalam membentuk generasi yang berkualitas. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, artikel ini menjelaskan bahwa kepemimpinan pendidikan yang berhasil ditandai oleh sifat visioner, kemampuan berkomunikasi, kerja sama, dan adaptasi. Model kepemimpinan transformasional memfasilitasi perubahan yang baik melalui inspirasi dan dorongan, sedangkan kepemimpinan instruksional lebih menekankan partisipasi aktif pemimpin dalam meningkatkan proses pendidikan. Apabila kedua model ini diterapkan secara bersinergi, mereka dapat menciptakan suasana sekolah yang mendukung perkembangan karakter, keterampilan, dan potensi siswa secara maksimal. Oleh karena itu, kepemimpinan yang berkualitas adalah elemen vital dalam pengembangan generasi yang unggul dan siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan.
Copyrights © 2025