Keterampilan kolaborasi pada peserta didik dapat ditumbuhkan melalui kegiatan belajar secara berkelompok. Dengan pendekatan TaRL peserta didik dapat belajar secara berkelompok lebih optimal, sehingga dapat mengembangkan keterampilan kolaborasi peserta didik yang merupakan bagian dari dimensi gotong-royong pada Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik yang merupakan perwujudan dimensi gotong-royong pada Profil Pelajar Pancasila dengan menerapkan pendekatan TaRL di kelas. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran, melalui penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi untuk mengamati keterampilan kolaborasi dan hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan TaRL yang diterapkan di kelas dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Terdapat peningkatan keterampilan kolaborasi dari siklus I dengan persentase 74%, selanjutnya meningkat pada siklus II dengan persentase 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TaRL di kelas dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi peserta didik.
Copyrights © 2025