Tarunaedu
Vol. 2 No. 2 (2024): September

Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Bermasalah Di Sekolah Menengah Kejuruan Kawung 2 Surabaya

Fadli, Akhmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Pembentukan karakter siswa merupakan salah satu tugas penting dalam pendidikan, terutama bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai moral dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi guru PAI dalam pembentukan karakter siswa bermasalah di SMK Kawung 2 Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru PAI, siswa bermasalah, serta pihak sekolah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pembimbing moral, motivator, dan teladan dalam menumbuhkan sikap positif pada siswa. Upaya pembentukan karakter dilakukan melalui pendekatan personal, pemberian nasihat, penguatan spiritual, dan pembiasaan nilai-nilai Islam dalam keseharian siswa. Selain itu, kerja sama antara guru PAI, orang tua, dan konselor sekolah berperan penting dalam memperbaiki perilaku siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kontribusi guru PAI dalam pembentukan karakter siswa sangat signifikan dalam mencegah perilaku negatif dan memperkuat integritas moral siswa. Rekomendasi penelitian ini adalah memperkuat pelatihan karakter berbasis agama dan meningkatkan sinergi antar pihak sekolah dalam menangani siswa bermasalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jel

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Scope of this journal are Islamic Education, Curriculum and teaching methodology, Contemporary issues in education and learning, Development in education and learning, Technology in Education, Education and learning research, Educational psychology, Innovations in education and learning, Management ...