Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist di MA Mirqotul Ulum. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk mengungkap proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka telah berjalan melalui tahapan yang sistematis, meskipun masih menghadapi tantangan seperti keterbatasan pemahaman guru, sarana prasarana, serta kesulitan dalam pembelajaran berdiferensiasi dan asesmen autentik. Di sisi lain, faktor pendukung seperti kolaborasi guru, dukungan kepala madrasah, keterlibatan orang tua, serta semangat guru dalam mengembangkan kompetensi turut memperkuat pelaksanaan kurikulum. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan peluang besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadist yang kontekstual, fleksibel, dan berpusat pada peserta didik.
Copyrights © 2025