LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 5 No. 2 (2025)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BUKU CERITA SEBAGAI MEDIA BIBLIOEDUKASI DALAM MENANAMKAN NILAI ANTIBULLYING PADA SISWA

Egajaya, Amalia Nur (Unknown)
Barida, Muya (Unknown)
Kumara, Agus Ria (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

This study examines in depth the effectiveness of using story books as a biblioeducational medium in an effort to instill antibullying values ??in students. The background of the problem underlying this study is the rampant bullying behavior in the school environment, which highlights the urgency of instilling attitudes of tolerance, empathy, and respect for diversity from an early age to prevent it. The focus of the problem in the study is to measure the extent to which the effectiveness of biblioeducation, delivered through story books specifically designed with antibullying content, is able to provide a positive impact on students. The important steps of this study used an experimental method with a pretest-posttest design on grade XI students of SMK Negeri 16 Samarinda who were selected purposively. The crucial stages include administering a questionnaire to measure understanding of antibullying values ??before the intervention, followed by a session of reading relevant story books as a form of intervention, and ending with administering the same questionnaire after the intervention. The research findings show significant evidence that the use of story books as a biblioeducational medium has succeeded in substantially increasing students' understanding of the concept and importance of antibullying values. Furthermore, observations showed changes in student behavior towards a more positive direction in their daily social interactions, reflecting the internalization of the values ??taught. The main conclusion of this study is that storybook-based biblioeducational media is an effective and interesting intervention alternative to instill essential moral values ??and proactively prevent bullying behavior in the school environment, thereby creating a safer and more supportive learning atmosphere. ABSTRAKPenelitian ini secara mendalam mengkaji efektivitas penggunaan buku cerita sebagai media biblioedukasi dalam upaya menanamkan nilai-nilai antibullying pada siswa. Latar belakang masalah yang mendasari penelitian ini adalah maraknya perilaku bullying di lingkungan sekolah, yang menyoroti urgensi penanaman sikap toleransi, empati, dan penghormatan terhadap keberagaman sejak dini untuk mencegahnya. Fokus masalah dalam penelitian adalah untuk mengukur sejauh mana efektivitas biblioedukasi, yang disampaikan melalui buku cerita yang dirancang secara khusus dengan konten antibullying, mampu memberikan dampak positif terhadap siswa. Langkah penting penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest pada siswa kelas XI SMK Negeri 16 Samarinda yang dipilih secara purposif. Tahapan krusial meliputi pemberian kuesioner untuk mengukur pemahaman nilai-nilai antibullying sebelum intervensi, dilanjutkan dengan sesi pembacaan buku cerita yang relevan sebagai bentuk intervensi, dan diakhiri dengan pemberian kuesioner yang sama setelah intervensi. Temuan penelitian menunjukkan bukti signifikan bahwa penggunaan buku cerita sebagai media biblioedukasi berhasil meningkatkan pemahaman siswa secara substansial mengenai konsep dan pentingnya nilai-nilai antibullying. Lebih lanjut, observasi menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih positif dalam interaksi sosial mereka sehari-hari, mencerminkan internalisasi nilai-nilai yang diajarkan. Simpulan utama dari penelitian ini adalah media biblioedukasi berbasis buku cerita merupakan alternatif intervensi yang efektif dan menarik untuk menanamkan nilai moral esensial dan secara proaktif mencegah perilaku bullying di lingkungan sekolah, sehingga menciptakan suasana belajar yang lebih aman dan suportif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

learning

Publisher

Subject

Education

Description

LEARNING : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran diterbitkan 4 kali setahun (Februari, Mei, Agustus, dan November) oleh Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia (P4I) yang berada dibawah naungan Yayasan Insan Cendekia Indonesia Raya dan berafiliasi dengan Fakultas Ilmu Pendidikan ...