Delivering material requires an active learning strategy suitable for teachers to implement to create a fun and meaningful learning atmosphere. In Informatics lessons, students' understanding of conceptual material is a challenge, especially data and information security material. This study aims to examine the effectiveness of the Index Card Match strategy in improving students' conceptual understanding of Informatics subjects in grade IX SMP. This quantitative research with a pre-experimental one group pretest-posttest design used students from class IX.3 as research subjects. The instruments used were pre-test and post-test, with data analysis using a Paired Sample T-test and N-Gain test. The research findings showed an increase in the mean pre-test from 60.40% to 91.33% in the mean post-test. The paired sample t-test results showed (p < 0.05), and the N-Gain score obtained was 0.7737 with a high category. The findings indicate that the ICM strategy is proven effective in improving concept understanding and directly impacts learning Informatics. As a follow-up, this study can involve more than one class with an experimental design involving a control group. ABSTRAKProses penyampaian materi membutuhkan suatu strategi pembelajaran aktif yang sesuai untuk diterapkan oleh guru agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Dalam mata pelajaran Informatika, pemahaman konsep siswa pada materi konseptual menjadi tantangan, khususnya materi keamanan data dan informasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji efektivitas dari strategi Index Card Match untuk meningkatkan pemahaman konsep mata pelajaran Informatika kelas IX SMP. Penelitian kuantitatif dengan desain pra-eksperimental tipe one group pretest-posttest design ini menggunakan siswa kelas IX.3 sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test, dengan anĂ¡lisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain. Temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan mean pretest dari 60,40% menjadi 91,33% pada mean posttest. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan (p < 0,05) dan N-Gain score yang diperoleh sebesar 0,7737 dengan kategori tinggi. Temuan menunjukkan bahwa strategi ICM terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan memiliki implikasi langsung dalam pembelajaran Informatika. Sebagai tindak lanjut, penelitian ini dapat melibatkan lebih dari satu kelas dengan desain eksperimen yang melibatkan kelompok kontrol.
Copyrights © 2025