Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran
Vol. 8 No. 2 (2025): Mei - Agustus 2025

Efektivitas Peningkatan Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Buatan

Muin, Muin (Unknown)
Kusmaladewi, Kusmaladewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Urgensi dari penelitian ini terletak pada kebutuhan mendesak untuk memahami dan mengoptimalkan penerapan kecerdasan buatan dalam pembelajaran guna menjawab tantangan transformasi pendidikan di era digital yang menuntut personalisasi, efisiensi, dan inklusivitas dalam proses belajar-mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan efektivitas peningkatan pembelajaran berbasis kecerdasan buatan. Metode penelitian studi literatur. Teknik pengumpulan data melalui buku, artikel, dan hasil penelitian yang relevan dan up-to-date dengan permasalahan penelitian. Penelitian ini menggunakan analisis data reduksi, pengelolaan, pengelompokan, interpretasi, dan penarikan kesimpulan atau penataan hasil data yang diperoleh dalam penelitian. Penelitian studi literatur ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi kecerdasan buatan dalam pendidikan memiliki potensi besar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Integrasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran kolaboratif sangat efektif dalam meningkatkan motivasi siswa dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Dapat merekomendasikan sumber belajar yang sesuai, menyesuaikan tingkat kesulitan tugas, memberikan umpan balik yang dipersonalisasi. Mampu meningkatkan motivasi belajar dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan personalisasi. Integrasi kecerdasan buatan dalam kurikulum dapat mendukung proses belajar dan mengajar. Penggunaan kecerdasan buatan telah terbukti meningkatkan aksesibilitas pendidikan, memungkinkan siswa dari berbagai latar belakang untuk belajar sesuai dengan kebutuhannya. Penerapan pembelajaran berbasis kecerdasan buatan berdampak positif pada perkembangan kognitif siswa. Implikasinya termasuk perlunya dukungan berkelanjutan bagi guru, pengembangan kerangka etika untuk penggunaan kecerdasan buatan dalam pendidikan, dan kolaborasi multi-pemangku kepentingan untuk implementasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran erbasis proyek yang efektif dan bertanggung jawab

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsgp

Publisher

Subject

Education

Description

JSGP (Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, ISSN 2654-6477) is an academic publication media managed by the Faculty of Teacher Training and Education and published by Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Publishing research results and theoretical studies in the field of education, JSGP is a ...