Journal of Communication Management and Organization
Vol. 2 No. 2 (2023): Journal of Communication Management and Organization

Analisis Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Komunikasi Pemasaran di SMA LKMD Kandis Kabupaten Siak

Sahata, Arion (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi strategi komunikasi pemasaran di SMA LKMD Kandis, Kabupaten Siak, dalam menarik siswa baru. Komunikasi pemasaran merupakan kegiatan penting dalam memperkenalkan sekolah kepada masyarakat, di mana teknik-teknik pemasaran seperti periklanan, promosi penjualan, penjualan langsung, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung dalam strategi komunikasi pemasaran di SMA LKMD Kandis meliputi kegiatan ekstrakurikuler yang aktif di bidang olahraga dan akademik, yang dapat menarik minat masyarakat. Di sisi lain, faktor penghambat meliputi fasilitas yang terbatas seperti laboratorium yang belum lengkap, ruang parkir yang terbatas, dan lokasi yang jauh dari pusat kota. Selain itu, kurangnya pemanfaatan media online juga menjadi tantangan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sekolah. Studi ini menyarankan agar sekolah memaksimalkan penggunaan media digital dan meningkatkan fasilitas untuk mendukung kesuksesan komunikasi pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JCMO

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Journal of Communication Management and Organization (JCMO) is published by Riauan Consulting and Communication. JCMO is a journal for research-oriented communication managers and professionals to develop or challenge practice in organization. JCMO share knowledge for those who study ...