Jurnal STIE Semarang (Edisi Elektronik)
Vol 17 No 2 (2025): Jurnal STIE Semarang

PENGARUH MOTIVASI HEDONIS, BROWSING DAN GAYA BELANJA TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF DI-ECOMMERCE SHOPEE

Sasono, Eko (Unknown)
sopi, Sopi (Unknown)
Tyas, Anggoro Ning (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi hedonis, browsing, dan gaya belanja terhadap pembelian impulsif pada e-commerce Shopee di kalangan mahasiswa STIE Semarang. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis survei, penelitian ini melibatkan 68 responden yang dipilih menggunakan rumus Lameshow. Variabel independennya adalah motivasi hedonis, browsing, dan gaya belanja, sedangkan variabel dependennya adalah pembelian impulsif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, uji validitas, dan uji reliabilitas, dengan analisis dilakukan menggunakan IBM SPSS Statistics 23, termasuk uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Temuan menunjukkan bahwa motivasi hedonis (t = 2,152, p = 0,003), browsing (t = 2,321, p = 0,023), dan gaya belanja (t = 2,369, p = 0,021) semuanya memiliki efek positif yang signifikan terhadap pembelian impulsif. Penelitian ini menyoroti peran motivasi pribadi dan perilaku belanja online dalam memengaruhi pembelian impulsif. Penelitian di masa mendatang sebaiknya mengkaji lebih jauh faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian impulsif, sehingga dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam, khususnya bagi mahasiswa STIE Semarang dan individu yang tertarik pada perilaku pembelian konsumen. Kata kunci: motivasi hedonis, browsing, gaya belanja dan pembelian impulsif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is published by SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SEMARANG, Center Java, Indonesia. It is published three times a year February, June and October. JURNAL EKONOMI STIE SEMARANG is organized by the Lecturers of STIE SEMARANG and Journal Developer Team. The articles published in ...