Tekstual
Vol 23, No 1 (2025): Tekstual: Humaniora

Sastra Lisan sebagai Dokumen Sosial: Studi Sosiologi Sastra pada Tradisi Lisan Masyarakat Adat Ternate

Adam, Sutisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji tradisi sastra lisan masyarakat adat Ternate dengan pendekatan sosiologi sastra guna mengungkap fungsi sosial, struktur nilai, dan proses pewarisan budaya yang terkandung dalam narasi-narasi lisan. Sastra lisan di Ternate tidak hanya mencerminkan warisan estetika, tetapi juga merepresentasikan dokumen sosial yang merekam pandangan dunia kolektif, hierarki sosial, serta mekanisme kontrol budaya dalam masyarakat adat-kesultanan. Melalui studi pustaka dan analisis dokumentasi teks, penelitian ini menelaah berbagai bentuk sastra lisan, seperti legenda Gunung Gamalama, syair kerja “Doro Bololo”, mantra “Dalil Tifa”, hingga pantun sindiran. Kajian ini memanfaatkan teori-teori dari Wellek Warren tentang fungsi sosial sastra, konsep world-view dari Goldmann, teori habitus dan modal simbolik Bourdieu, serta teori hegemoni dari Gramsci. Hasil analisis menunjukkan bahwa sastra lisan Ternate memainkan peran strategis sebagai alat edukasi moral, pelestari norma, serta ruang negosiasi simbolik antara kekuasaan adat dan suara masyarakat. Meskipun tradisi ini tetap hidup melalui ritus dan upacara adat, modernisasi dan fragmentasi sosial menjadi tantangan serius bagi keberlanjutannya. Oleh karena itu, studi ini merekomendasikan dokumentasi digital terstruktur, integrasi sastra lisan ke dalam pendidikan formal, serta pelibatan komunitas dan pemuda dalam revitalisasi budaya sebagai strategi pelestarian yang adaptif dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tekstual

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tekstual - an open access and peer-reviewed journal published biannually (mid year and year end) by Faculty of Cultural Sciences, Universitas Khairun - is a journal on Interdisciplinary Studies in Humanities: Linguistics, Literature, Language Teaching, Language Assessment, Language Policy and ...