Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembelajaran daring di SMA Negeri 3 Palopo serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah mengimplementasikan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional dengan cukup baik. Guru mampu merancang pembelajaran sesuai kondisi siswa, menunjukkan sikap sabar dan bertanggung jawab, menjaga komunikasi aktif, serta memanfaatkan media sederhana secara kreatif. Faktor pendukung pembelajaran daring meliputi pelatihan guru, penyediaan fasilitas, dukungan orang tua, dan kreativitas guru. Adapun hambatan utamanya adalah keterbatasan perangkat, akses internet, dan literasi digital guru, serta kejenuhan siswa. Temuan ini menguatkan pentingnya kompetensi guru dan kolaborasi antara pihak sekolah, guru, siswa, dan orang tua dalam menyukseskan pembelajaran jarak jauh.
Copyrights © 2023