Artikel ini bertujuan untuk mengkaji integrasi manajemen pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kajian ini dilatarbelakangi oleh masih lemahnya koordinasi antara aspek manajerial lembaga pendidikan dengan pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas, yang berdampak pada kurang optimalnya pencapaian kompetensi keagamaan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui studi pustaka yang dianalisis dengan teknik analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa fungsi-fungsi manajemen pendidikan—perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi—memiliki kontribusi signifikan dalam membentuk sistem pembelajaran PAI yang terarah, partisipatif, dan berbasis nilai. Kebaruan artikel ini terletak pada integrasi konseptual antara manajemen pendidikan dan strategi pembelajaran PAI, yang menawarkan pendekatan holistik dalam peningkatan mutu pembelajaran berbasis karakter dan nilai Islam. Model integratif ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi lembaga pendidikan Islam dalam pengembangan kebijakan dan praktik pembelajaran yang lebih efektif dan transformatif
Copyrights © 2025