An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 3: Mei 2025

IMPLEMENTASI KONSEP DASAR PENDIDIKAN/TEORI PENDIDIKAN DASAR ISLAM PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Latuheru, Stevani Carolina (Unknown)
Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menerapkan prinsip-prinsip dasar pendidikan Islam dalam pengajaran Sains di kelas III Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan meneliti berbagai sumber yang berkaitan dengan pendidikan dasar Islam dan pengajaran Sains. Pendidikan Islam dasar menggabungkan nilai-nilai Islam yang berasal dari Al-Qur'an dan As-Sunnah ke dalam proses belajar untuk membentuk karakter siswa yang utuh secara spiritual, sosial, dan intelektual. Dalam pengajaran Sains, konsep tauhid berperan sebagi dasar penting untuk menanamkan pemahaman bahwa ilmu pengetahuan adalah bagian dari kebesaran karya Allah SWT. Artikel ini menekankan tentang pentingnya literasi ilmiah dan pemikiran kritis dalam pengajaran Sains, serta menjelaskan bagaimana ayat-ayat Al-Qur'an dapat disatukan dalam materi IPA seperti perubahan bentuk benda dan sumber daya alam. Temuan kajian menunjukkan bahwa pengajaran Sains yang berbasis pendidikan Islam tidak hanya meningkatkan penguasaan materi, tetapi juga menumbuhkan kesadaran religius siswa terhadap keajaiban ciptaan Allah di jagat raya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...