Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran administrasi pendidikan dalam menciptakan sekolah yang efektif dan efisien melalui pendekatan kajian pustaka terhadap berbagai buku dan jurnal ilmiah. Fokus kajian diarahkan pada sistem administrasi pendidikan, kontribusi kepemimpinan, tantangan implementasi teknologi informasi, serta peran pelatihan dalam penguatan kompetensi administrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa administrasi pendidikan memiliki peran sentral dalam mendukung seluruh aspek manajerial sekolah, termasuk dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan. Kepemimpinan kepala sekolah yang transformatif dan adaptif berkontribusi besar dalam meningkatkan efektivitas sistem administrasi. Namun, masih terdapat kendala signifikan, terutama dalam adopsi sistem berbasis teknologi informasi akibat keterbatasan infrastruktur dan kompetensi SDM. Pelatihan dan pengembangan kompetensi terbukti menjadi solusi strategis dalam meningkatkan kinerja administrasi sekolah. Penelitian ini merekomendasikan strategi penguatan sistem administrasi berbasis teknologi, peningkatan literasi digital, serta pengembangan kebijakan yang mendorong terciptanya sistem kerja yang efektif, efisien, dan akuntabel.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025