An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 4 No. 4 (2025): Juli 2025

TRANSFORMASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM: DARI KLASIK KE KONTEMPORER

Achmad Luthfi Zaenuri (Unknown)
A. Azka Ardan Fikrussofa (Unknown)
Minanulloh Muhtadi (Unknown)
Moh. Nur Fauzi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Transformasi pemikiran pendidikan Islam dari era klasik ke kontemporer merupakan respons terhadap dinamika sosial, budaya, dan tantangan global yang terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam arah dan bentuk perubahan pemikiran pendidikan Islam dengan menelusuri kesinambungan antara nilai-nilai klasik dan tuntutan kontekstual kontemporer agar dapat melahirkan model pendidikan yang adaptif dan berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan (library research), yang menelaah karya-karya tokoh klasik seperti Al-Ghazali, Ibn Sina, dan Ibn Khaldun serta pemikir kontemporer seperti Fazlur Rahman, Syed Naquib al-Attas, dan M. Amin Abdullah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui telaah literatur serta wawancara dengan praktisi pendidikan. Analisis data menggunakan pendekatan content analysis dan hermeneutik, dengan memetakan perkembangan ide dan menafsirkan konteks sosial yang melatarbelakanginya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun telah terjadi kemajuan signifikan dalam wacana pendidikan Islam melalui pendekatan integratif dan interdisipliner, namun implementasi di tingkat praksis masih menghadapi berbagai kendala struktural dan kultural. Diperlukan upaya sistemik untuk menjembatani antara pemikiran progresif dengan praktik zendidikan melalui reformasi kurikulum, pelatihan guru, dan perubahan budaya kelembagaan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...