Pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan yang mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis proyek dalam meningkatkan kolaborasi antar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan literatur sistematis dari berbagai studi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam pembelajaran berbasis proyek menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan sosial, berpikir kritis, dan motivasi belajar. Selain itu, guru melaporkan kemudahan dalam pengelolaan kelas dan peningkatan dinamika kelompok. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan bukti empiris tentang manfaat pembelajaran berbasis proyek dan mendorong implementasinya dalam kurikulum sekolah dasar.   Project-based learning is an approach that can increase student involvement and create a collaborative learning environment in elementary schools. This research aims to evaluate the effectiveness of project-based learning in increasing collaboration between students. The research method used is a systematic literature review of various related studies. The results showed that students who engaged in project-based learning showed significant improvements in social skills, critical thinking, and learning motivation. Additionally, teachers reported ease in classroom management and improved group dynamics. The contribution of this research is to provide empirical evidence about the benefits of project-based learning and encourage its implementation in the elementary school curriculum.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024