EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2: Juli 2010

Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan PemahamanSiswa Tentang Bangun Datar

Hermawan, Roni (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2016

Abstract

AbstrakPermasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang bangun datar?. Tujuan dan manfaat penelitian ini adalah meningkatkan motivasi, aktivitas, hasil belajar siswa, dan perbaikan proses pembelajaran terutama dalam kegiatan pembelajaran bangun datar. metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tiga siklus yang masing-masing setiap siklusnya terdiri dari empat tindakan atau terdapat 12 tindakan. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui lembar observasi, lembar wawancara, catatan lapangan, lembar kerja siswa, dan lembar evaluasi. PTK ini dilaksanakan di kelas III SD Negeri Bukatanah Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung dengan jumlah siswa 20 orang. Dalam PTK ini menggunakan pendekatan matematika realistik dengan metode mengajar tanya jawab dan penemuan (discovery). Pendekatan matematika realistik adalah suatu pendekatan matematika yang dalam pembelajarannya mengunakan konteks “dunia nyata”, model-model, produksi dan konstruksi siswa, interaktif, dan keterkaitan (intertwinment). Teori belajar yang digunakan dalam PTK ini adalah (1) teori belajar Piaget, bahwa siswa SD berada pada tahap perkembangan operasional konkret, (2) teori Bruner, bahwa perkembangan kognitif seseorang terbagi ke dalam tiga tahap yang ditentukan oleh caranya ia melihat lingkungan, yaitu tahap enactive, ikonic, dan symbolic, dan (3) teori Van Hiele, bahwa pengajaran geometri untuk siswa SD adalah sampai pada tahap ke tiga, yaitu pengenalan, analisis, dan pengurutan. Data yang diperoleh dianalisis serta direfleksi dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa pembelajaran bangun datar dengan menggunakan pendekatan matematika realistik ada peningkatan dalam motivasi, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pada LKS dan lembar evaluasi, pada siklus I rata-rata nilai kelas 7.5 dan 7,4; siklus II 8,2 dan 8,3; dan siklus III 8,6 dan 8,6. Sebagai rekomendasi untuk guru SD dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran bangun datar, hendaknya guru menggunakan pendekatan matematika realistik dengan metode tanya jawab, dan metode penemuan (discovery). Sehubungan pendekatan ini dapat meningkatkan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun datar (sifat-sifat bangun datar).Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Realistik, Bangun Datar

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

eduhumaniora

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Eduhumaniora is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research-article and ideas-article. All topics that we received only articles relating to elementary education fields. For research category, articles can be written using ...