Jejak digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 1 No. 4 (2025): JUNI-JULI

Strategi Komunikasi dalam Negosiasi Gaji Saat Wawancara Kerja

Enjelina Dewita Sari (Unknown)
Vinka Rachma Aulia (Unknown)
Destiar Fachrurozy (Unknown)
Suwandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2025

Abstract

Komunikasi adalah dasar dari seluruh kegiatan antar manusia. Karena tanpa komunikasi interaksi antar manusia, baik secara perorangan, kelompok maupun organisasi tidak mungkin terjadi. Sebagian besar interaksi manusia berlangsung dalam situasi komunikasi antar pribadi. Lobby adalah suatu upaya informal yang bersifat persuasif yang dilakukan oleh satu pihak (orang,kelompok,swasta,pemerintahan) yang memiliki kepentingan tertentu untuk menarik dukungan dari pihak yang memiliki pengaruh terhadap jalan nya suatu kepentingan. Negosiasi adalah proses tawar menawar dengan cara berunding dengan pihak lain untuk mencapai suatu kesepakatan.Negosiasi gaji merupakan bagian penting dalam proses wawancara kerja yang sering kali menjadi momen krusial antara kandidat dan pihak perusahaan. Keberhasilan negosiasi gaji tidak hanya bergantung pada angka yang diajukan, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh strategi komunikasi yang digunakan oleh kandidat. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang efektif dalam negosiasi gaji saat wawancara kerja. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka yang dikombinasikan dengan studi kasus simulasi negosiasi. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan komunikasi asertif, empatik, dan berbasis data dapat meningkatkan keberhasilan negosiasi. Kandidat yang mampu mengkomunikasikan nilai dirinya dengan cara yang profesional dan strategis cenderung mendapatkan hasil negosiasi yang lebih baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jejakdigital

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin adalah jurnal elektronik dan cetak Open Access Journal yang diterbitkan oleh Indo Publishing setiap 6 kali dalam setahun menyediakan forum untuk mempublikasikan artikel penelitian asli, artikel review dari kontributor, dan berita teknologi baru mencangkup multidisiplin ...