Data Sciences Indonesia (DSI)
Vol. 1 No. 1 (2021): Article Research Volume 1 Issue 1, June 2021

Data Science bidang Pemasaran : Analisis Prilaku Pelanggan

Harahap, Mawaddah (Unknown)
Lubis, Yusniar (Unknown)
Situmorang, Zakarias (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2021

Abstract

Dalam kegiatan pemasaran digital, data Science (DS) memiliki peran penting dalam memahami kinerja industri pemasaran sebelum menerapkan teknik pemasaran digital pada pemasaran produk. Hal ini dikarenakan setiap pelanggan merespons secara berbeda setiap penawaran. Perilaku pelanggan juga berubah berdasarkan waktu karena mereka mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda pada situasi yang berbeda. Pada makalah ini fokus menyajikan analisis bisnis dengan penerapan DS untuk mengeksplorasi pola perilaku dan juga memprediksi bagaimana pelanggan akan merespons penawaran yang berbeda. Penerapan analisis data eksplorasi juga diterapkan untuk menjawab beberapa pertanyaan bisnis, dari hasil pengamatan menghasilkan lima kelompok pelanggan yang disajikan dalam bentuk visualisasi dan model Random Forest Classifier memiliki skor akurasi prediksi terbaik sebesar 91%, kemudian K neighbors Classifier dan Logistic Regression.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

dsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Physics

Description

Data Sciences Indonesia (DSI) adalah jurnal yang memuat hasil penelitian atau kajian ilmu di bidang Ilmu komputer dengan mengambil ranah Data Sciende dan pendukung keilmuan tersebut. Data Sciences Indonesia (DSI) terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Data Sciences ...