Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti
Vol. 3 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti

PERAN SHADOW TEACHER DALAM MEMFASILITASI PEMBELAJARAN SISWA SLOW LEARNER (STUDI KASUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH INKLUSIF)

Mardliyah, Nafisah (Unknown)
Masithah, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2025

Abstract

Peran shadow teacher sangat penting dalam mendukung pembelajaran siswa slow learner, terutama di tingkat Madrasah Ibtidaiyah inklusi. Guru reguler seringkali menghadapi keterbatasan kompetensi dalam menangani siswa berkebutuhan khusus serta guru reguler memiliki beban kerja yang terlalu tinggi, sehingga diperlukan dukungan khusus dengan diberikannya shadow teacher. Shadow teacher bertanggung jawab mengembangkan strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individual siswa, menggunakan metode dan pendekatan yang efektif untuk membantu siswa memahami materi pelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik studi kasus untuk mengeksplorasi peran shadow teacher di Madrasah Ibtidaiyah Inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shadow teacher berperan dalam menyesuaikan pembelajaran siswa slow learner dengan Kurikulum Merdeka yang diterapkan pada kelas reguler. Selain itu shadow teacher juga membantu guru regular dalam memodifikasi kurikulum mengenai aspek kognitif dan afektif melalui program pembelajaran individual yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya peran shadow teacher dalam menciptakan lingkungan belajar inklusif dan mendukung pencapaian target pembelajaran siswa slow learner.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpicb

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Inklusi Citra Bakti (JPICB) adalah jurnal pendidikan yang diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti dengan Nomor : B.31.489.1/2379/SLBN1BDG/DIKPORA dan Nomor : 292/F73/NOK/V-2023. Jurnal ini adalah jurnal kemitraan antara SLB Negeri 1 ...