Abstrak: Perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat, maka mengharuskan sistem Pendidikan juga dapat menyesuaikan dengan perkembangan teknologi tersebut. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan adalah media pembelajaran atau aplikasi pembelajaran. Aplikasi pembelajaran adalah suatu media pembelajaran dengan metode belajar yang memudahkan proses belajar, tidak membuat bosan dan sulit. Aplikasi pembelajaran dapat dibangun untuk memudahkan proses pembelajaran algoritma. Karena prosesnya yang kompleks dan membutuhkan waktu untuk memahami langkah-langkahnya. Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi pembelajaran algoritma Boundary 4-Connected dalam identifikasi jumlah sel pada citra sel darah merah. Algoritma Boundary 4-connected merupakan metode yang dapat digunakan untuk mengklasifikasikan region atau objek dalam citra digital. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran algoritma Boundary 4-Connected dalam identifikasi jumlah sel pada citra sel darah merah sudah layak untuk digunakan dan dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran untuk memahami cara kerja algoritma Boundary 4-Connected dalam identifikasi jumlah sel pada citra sel darah merah Kata Kunci: Boundary 4-Connected, aplikasi pembelajaran, citra, sel darah Abstract: The rapid development of technology requires the education system to be able to adapt to the development of this technology. One of the uses of information technology in the field of education is learning media or learning applications. Learning applications are learning media with learning methods that facilitate the learning process, do not make it boring and difficult. Learning applications can be built to facilitate the process of learning algorithms. Because the process is complex and takes time to understand the steps. This study aims to build a learning application for the Boundary 4-Connected algorithm in identifying the number of cells in red blood cell images. The Boundary 4-connected algorithm is a method that can be used to classify regions or objects in digital images. The results of this study are that the Boundary 4-Connected algorithm learning application in identifying the number of cells in red blood cell images is suitable for use and can be used as an alternative learning media to understand how the Boundary 4-Connected algorithm works in identifying the number of cells in red blood cell images. Keywords: Boundary 4-Connected, Learning application, image, blood cells
Copyrights © 2024