Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 02 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Mei 2025

Kontekstualisasi Pendidikan Sufistik KH. Muslih Mranggen Pada Era Society 5.0

Rismana, Nana (Unknown)
Imron, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Artikel ini membahas pendidikan sufistik oleh KH. Muslih Mranggen dalam era Society 5.0 dengan fokus pada nilai-nilai spiritual dan adaptasi terhadap kemajuan teknologi. Tujuan artikel ini adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang konsep pendidikan sufistik yang diajarkan oleh KH. Muslih Mranggen serta merumuskan strategi implementasinya dalam konteks era Society 5.0. Metode penelitian yang digunakan adalah library research dengan langkah-langkah identifikasi sumber informasi, pengumpulan data, analisis data, dan penyajian data. Hasil temuan menunjukkan bahwa nilai-nilai sufistik KH. Muslih mencerminkan kedalaman spiritual, dan penerapan pendidikan sufistik di Pesantren Futuhiyyah melibatkan beragam kegiatan untuk membentuk karakter dan spiritualitas para santri. Implementasi pendidikan sufistik dalam era Society 5.0 mengadopsi strategi teknologi untuk menyebarkan nilai-nilai sufistik secara luas dan memastikan relevansinya dalam membentuk karakter spiritual individu di era modern yang dipengaruhi oleh teknologi dan transformasi sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...