Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 02 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Mei 2025

Validitas Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernan Kelas XI SMA/MA

Habibah, Siti Nur (Unknown)
Fuadiyah, Sa’diatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan guna menghasilkan instrumen tes keterampilan proses sains pada pembelajaran biologi materi sistem pencernaan kelas XI SMA/MA yang valid. Studi ini termasuk pada penelitian research and development dengan menerapkan model pengembangan Plomp yang mencakup tiga fase utama, dimana pada penelitian ini dibatasi menjadi dua fase, yakni preliminary research, serta prototyping phase. Pada fase prototyping, studi ini menerapkan pendekatan evaluasi formatif Tessmer dengan tahap self evaluation, expert review, dan one-to-one evaluation. Analisis data dilakukan secara kualitatif serta kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar self evaluation, angket validitas, dan angket one to one evaluation. Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 2 orang dosen biologi, dan dievaluasi oleh 6 orang peserta didik SMA Negeri 5 Bukittinggi sebagai subjek pada tahap one to one evaluation. Merujuk pada hasil penelitian didapat nilai validitas instrumen tes sebesar 91,58% dengan kriteria sangat valid.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...