Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 02 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Mei 2025

Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Remaja Korban Bullying

Aleeya, Alyfa (Unknown)
Suhesty, Aulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan fenomena kecemasan berbicara di depan umum pada remaja korban perundungan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif, bermaksud mengidentifikasi hubungan antara dukungan sosial dan kecemasan berbicara di depan umum pada remaja korban perundungan. Subjek penelitian terdiri dari 100 remaja yang menjadi korban perundungan, yang berusia 15 hingga 17 tahun, yang diambil melalui teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan model skala likert yaitu skala kecemasan berbicara di depan umum dan dukungan sosial. Data dikumpulkan menggunakan skala likert yang mencakup skala kecemasan berbicara di depan umum dan dukungan sosial. Analisis statistik memakai metode korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan nilai koedisien korelasi r = 0.524 dan p = 0.000 p < 0,05 (signifikan) artinya terdapat hubungan korelasi yang sedang antara dukungan sosial dan kecemasan berbicara di depan umum pada remaja korban perundungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...