Rendahnya kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan OER terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Balantak. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan tes deskriptif untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t dengan uji sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dengan OER tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori yang dapat ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel bebas pada hasil belajar dengan taraf signifikansi 0,112 > 0,05 dan hasil uji-t sampel bebas pada kemampuan komunikasi matematis 0,134 > 0,05 tetapi berdasarkan analisis hasil diperoleh kelas eksperimen mempunyai hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Low communication skills and mathematics learning outcomes are experienced by students. This study aims to determine the effect of the jigsaw learning model with OER on mathematical communication skills and mathematics learning outcomes of students at Junior High School. This type of research is experimental research using a quasi-experimental research design with the research design used in this study is a randomized pretest-posttest control group design. This study was conducted on grade VII students of Junior High School. The research instrument used a multiple-choice test to measure student learning outcomes and a descriptive test to measure mathematical communication skills. Then the data obtained were analyzed using a t-test with an independent sample test. The results of the study showed that the Jigsaw learning model with OER did not provide a significant effect on students' learning outcomes and mathematical communication skills compared to the expository learning model which can be shown by the results of the free sample t-test on learning outcomes with a significance level of 0.112> 0.05 and the results of the free sample t-test on mathematical communication skills 0.134> 0.05 but based on the analysis of the results obtained the experimental class had higher learning outcomes and mathematical communication skills than the control class.
Copyrights © 2025