Persaingan bisnis yang ketat meningkatkan standar kinerja dalam berbagai dimensi. Hal ini menyebabkan para pelaku ekonomi perlu memperbaiki kinerja dari semua aspek bisnisnya agar mampu bersaing. Salah satu pelaku ekonomi adalah UMKM Ubigo, merupakan usaha industri pengolahan makanan dengan produk utama bollen ubi ungu. Permasalahan yang dialami UMKM Ubigo adalah jumlah konsumen yang tidak stabil dan beberapa karyawan yang tidak konsisten dalam menjalankan pekerjaanya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui kinerja UMKM Ubigo dan merumuskan alternatif strategi untuk meningkatkan kinerja. Penentuan lokasi dilakukan purposive. Key Informan penelitian adalah Manajer, Supervisor, Karyawan, Konsumen UMKM Ubigo, Usaha Sejenis, Pemerintah, dan Lembaga Keuangan. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Analisis data menggunakan Balanced Scorecard dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan kinerja UMKM Ubigo hasil “cukup baik†dengan rata-rata skor kinerja 0,41 yang berada pada rentang 0-0,6. Penggabungan Balanced Scorecard dan matriks SWOT menghasilkan alternatif strategi untuk meningkatkan kinerja UMKM Ubigo. 1) Perspekrif pertumbuhan dan pembelajaran:  a) Meningkatkan kualitas karyawan melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan; 2) Perspektif proses bisnis internal: a) Proses produksi dilaksanakan sesuai dengan SOP, b) Meningkatkan kapasitas produksi usaha, c) Mengoptimalkan pemasaran melalui sosial media dan e-commerce, d) Melakukan kerja sama dengan biro perjalanan dan melakukan endorsement; 3) Perspektif pelanggan: a) Menjaga kualitas produk Bollen Ubigo secara kontinyu; dan 4) Perspektif Keuangan: a) Melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk meningkatkan efesiensi biaya operasional, b) Melakukan ekspansi usaha dengan memperluas toko atau membuka cabang
Copyrights © 2025