Jurnal Inovasi Informatika
Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Inovasi Informatika

Hybrid Learning as a Catalyst for Pedagogical Innovation: A Systematic Review and Meta-Analysis

Carlia Isneniwati (Unknown)
Robinson Situmorang (Unknown)
Cecep Kustandi (Unknown)
Richardus Eko Indrajit (Unknown)
Refgiufi Patria Avrianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Transformasi pedagogi di era digital menuntut pendekatan inovatif untuk merancang pengalaman belajar. Artikel ini mengeksplorasi peran pembelajaran hibrida sebagai katalisator transisi dari pendidikan tradisional ke pendidikan transformatif. Studi ini menggunakan tinjauan sistematis dan meta-analisis literatur terkini (2018–2023), yang dilengkapi dengan data empiris dari implementasi pembelajaran hibrida di berbagai tingkat pendidikan. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa pembelajaran hibrida tidak hanya meningkatkan efektivitas pedagogis tetapi juga mendorong pengembangan keterampilan abad ke-21 seperti berpikir kritis, kolaborasi, dan literasi digital. Lebih jauh, studi ini mengidentifikasi faktor-faktor kunci keberhasilan dalam implementasi pembelajaran hibrida, termasuk adaptasi teknologi, kesiapan guru, dan dukungan kelembagaan. Makalah ini berkontribusi pada wacana tentang pembelajaran hibrida dengan mengusulkan kerangka kerja untuk memanfaatkan potensi transformatifnya dalam konteks pendidikan yang beragam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Inovasi Informatika yang terdaftar di p-Issn: 2527-4007, e-Issn: 2686-1615 merupakan media informasi yang menyediakan kebutuhan publikasi artikel ilmiah hasil penelitian di bidang Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Ruang lingkup Jurnal Inovasi Informasi adalah sekumpulan ilmu dalam 2 ...