: Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah penerapan model PjBL dengan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 60 mahasiswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen (30 siswa) dan kelas kontrol (30 siswa). Instrumen yang digunakan meliputi tes keterampilan pemecahan masalah, tes komunikasi, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran interaktif mengalami peningkatan keterampilan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata normalisasi 0,67 (kategori tinggi), sedangkan kelas kontrol sebesar 0,49 (kategori sedang). Peningkatan keterampilan komunikasi tulisan pada kelas eksperimen memperoleh skor 0,66, sedangkan kelas kontrol 0,46 (kategori rata-rata). Pencapaian keterampilan komunikasi lisan pada kedua kelompok mencapai 87,68% (kategori tinggi). Uji beda rata-rata pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa model PjBL dengan media interaktif lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi tulisan dibandingkan dengan model PjBL tanpa media interaktif.
Copyrights © 2024