Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan latar belakang, cara membuat konten, dan dampak menjadi konten kreator Facebook di Kelurahan Panei Tongah Kabupaten Simalungun. Platfrom yang digunakan masyarakat untuk menjadi konten kreator yaitu Facebook dengan pertimbangan bahwasannya Facebook merupakan media sosial yang mudah diakses oleh masyarakat luas, memiliki vitur yang beragam serta dapat menghasilkan uang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Hybrid Ethnography untuk melihat bagaimana ruang offline dan online yang saling terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil Penelitian ini menggambarkan, bahwa latar belakang masyarakat dalam membuat konten yaitu sebagai hiburan, ajakan teman atau ikut-ikutan trend, menambah pekerjaan dan penghasilan, menjalin pertemanan dan promosi usaha, notifikasi Facebook untuk peluang monetisasi, penghasilan tambahan dan menambah pekerjaan. Cara masyarakat dalam membuat konten juga sangat beragam mulai dari membuat video sendiri, bersama anak, teman hingga dibantu oleh suami atau istri mereka. Fenomena ini juga mengakibatkan dampak positif dan juga negatif yang mempengaruhi perubahan budaya dan sosial pada masyarakat.   
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025