Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development
Volume 5 Nomor 1 Tahun 2025

Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Sebagai Intervensi Perilaku Bullying Verbal pada Siswa SMP

Indarti, Nurhafidzah (Unknown)
Sinring, Abdullah (Unknown)
Latif, Suciani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Gambaran perilaku bullying verbal siswa sebelum dan sesudah penerapan teknik modeling simbolis; 2) Gambaran prosedur pelaksanaan teknik modeling simbolik dalam mengatasi perilaku bullying verbal siswa, dan 3) Keefektifan Teknik modeling simbolik dalam mengurangi perilaku bullying verbal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 10 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Tingkat perilaku bullying verbal siswa pada saat pretest pada kelompok eksperimen dan kontrol tetap berada pada kategori tinggi dan sedang. 2) pelaksanaan teknik modeling dilaksanakan sebanyak 5 kali pertemuan, 3) Ada pengaruh teknik modeling simbolis terhadap perilaku bullying verbal siswapada kelompok yang diberikan perlakuan dan pada kelompok yang tidak diberikan perlakuan berupa teknik modeling simbolis.Kata Kunci : Bullying Verbal, Teknik modeling simbolis, Efektifitas Teknik Konseling, Pencegahan Perundungan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ijosc

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of School Counseling: Theory, Application, and Development merupakan jurnal ilmiah yang dikelola secara Peer Review, diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar, dengan p-ISSN: 2775-1708 dan e-ISSN: 2775-555X ...