Tarim : Jurnal Islamic Education
Vol 3, No 1 (2025): Tarim : Jurnal Islamic Education

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL HUKUM TAJWID MELALUI METODE MNEMONIK DI PESANTREN

Amini, Ummul (Unknown)
Suaibah, Rahmah (Unknown)
Hermanto, Bambang (Unknown)
Al Fauzan, Kahfi Yogi (Unknown)
Hakim, Ridwan (Unknown)
Siddik, Japar (Unknown)
Sormin, Darliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghafal hukum tajwid melalui penerapan metode mnemonik di Pesantren Hajijah Amalia Sari Simirik. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya kemampuan santri dalam menghafal hukum tajwid, yang disebabkan oleh kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mnemonik secara signifikan meningkatkan kemampuan santri dalam menghafal hukum tajwid. Pada pra siklus, presentase santri sukses menghafal mencapai 30%, pada siklus I mencapai 50 % dan siklus II 80%. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa metode Mnemonik ini efektif untuk meningkatkan kemampuan menghafal hukum tajwid para santri,sehingga direkomendasikan agar diterapkan lebih luas di pesantren. Kata Kunci: Kemampuan Menghafal, Hukum Tajwid, Metode Mnemonik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

tarim

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Tarim : Jurnal Islamic Education adalah jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Tarim : Jurnal Islamic Education merupakan wadah publikasi hasil penelitian yang membahas tentang temuan baru di ...