Abstrak Stimulasi Perkembangan yang dilakukan secara terarah pada bayi dapat meningkatkan kemampuan pada semua ranah perkembangannya. Pengasuhan berkualitas yang dilakukan oleh ibu dan keluarga lainnya berperan dalam menentukan keberhasilan pemberian stimulasi. Edukasi dengan metode yang efektif dan informative dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pengasuhan ibu balita. Video pemberian stimulasi merupakan sarana belajar yang baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan video stimulasi kecerdasan anak terhadap pengetahuan dan ketrampilan ibu balita dalam memberikan stimulasi pada bayi usia 4-6 bulan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah one group pretest – posttest design. Subyek penelitian adalah seluruh ibu balita yang memiliki bayi usia 4-6 bulan di Desa Bedali Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri sebanyak 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan ketrampilan ibu balita setelah diberikan media video. Pengetahuan ibu balita meningkat dari 60% menjadi 95%, dan ketrampilan ibu balita meningkat dari 50% menjadi 100%. Hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan dan ketramplian ibu balita sebelum dan setelah diberikan media video. Diharapkan kepada Dinas Kesehatan atau Petugas Kesehatan dan Kader untuk dapat menggunakan media video stimulasi kecerdasan anak untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu balita dalam memberikan stimulasi pada bayi usia 4-6 bulan yang langsung dapat dimengerti dan diaplikasikan oleh ibu balita. Abstract Developmental stimulation carried out in a targeted manner on infants can improve abilities in all areas of their development. Quality care carried out by mothers and other family members plays a role in determining the success of providing stimulation. Effective and informative Education methods are needed to improve the quality of care for mothers of toddlers. Stimulation videos are a good learning tool. The purpose of this study was to determine the effect of using children's intelligence stimulation videos on the knowledge and skills of mothers of toddlers in providing stimulation to infants aged 4-6 months. The type of research used was a quasi-experiment. The research design used was a one-group pretest-posttest design. The subjects of the study were all mothers of toddlers who had babies aged 4-6 months in Bedali Village, Ngancar District, Kediri Regency, totaling 30 respondents. The results of the study showed that there was an increase in the knowledge and skills of mothers of toddlers after being given video media. The knowledge of mothers of toddlers increased from 60% to 95%, and the skills of mothers of toddlers increased from 50% to 100%. The results of the Wilcoxon signed Rank Test obtained an Asymp. Sig (2-tailed) value of 0.001 indicating that there is a significant difference between the knowledge and skills of mothers of toddlers before and after being given video media. It is expected that the Health Service or Health Officers and Cadres can use children's intelligence stimulation video media to improve the knowledge and skills mothers of toddlers in providing stimulation to babies aged 4-6 months that can be directly understood and applied by mothers of toddlers.
Copyrights © 2025