Tujuan penelitian untuk mengetahui pembelajaran berbasis project dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian dengan metode studi literatur. Hasil penelitian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran dengan PjBL terhadap bidang matematika materi pecahan terbukti meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV SDN Karangmalang 2. Dengan kontrol KKM dan pemerolehan hasil tes setiap siklus, pembelajaran PjBL meningkatkan keterampilan kognitif siswa kelas V SD Negeri Jiwan pada bidang materi matematika Bangun ruang. Pembelajaran PjBL efektif menciptakan lingkungan pembelajaran lebih gembira, aktif dan meningkatan hasil belajar siswa secara signifikan, meningkatan hasil belajar bidang IPAS pada materi cahaya dan sifat berdasarkan persentase ketuntasan belajar disetiap siklus serta menyajikan perkembangan kearah progresif (Berkembang), meningkatkan kemampuan berhitung siswa, kategori baik dalam menyimak penjelasan, peningkatan secara signifikan dalam sangggupan mengenal lambang bilangan 1-10 pada permainan tutup botol dan bahan bekas. PjBL dapat memenuhi kemampuan kognitif siswa pada indikator pemahaman konsep dalam 2 aspek yaitu (1) pada kemampuan dalam memandang informasi dengan sudut pandang lain mencapai ketercapaian tertinggi (2) kemampuan berpikir kreatif mencapai kriteria baik. Lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan kreativitas, berpikir kritis, dan memecahkan masalah . 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025