Kapabilitas Social Emotional Learning (SEL) guru memiliki dampak signifikan terhadap perkembangan peserta didik. Namun, banyak guru belum menguasai kapabilitas ini, sementara pelatihan CASEL hanya tersedia untuk guru penggerak, yang jumlahnya kurang dari 10% dari total guru. Dengan seluruh sekolah diwajibkan melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka, pengabdian ini bertujuan meningkatkan kapabilitas SEL guru ekonomi di Kota Semarang melalui model pemberdayaan masyarakat yang melibatkan fasilitator guru penggerak. Model pemberdayaan ini fokus pada penyusunan modul ajar berbasis CASEL dengan tahapan rekonsiderasi, investigasi, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, diulang dalam 2–3 siklus hingga tercapai implementasi optimal. Hasil pengabdian menunjukkan tingkat kepuasan tinggi dari 54 peserta, dengan keberhasilan pada optimalisasi Kurikulum Merdeka, pencapaian materi pembelajaran ekonomi, dan peningkatan pemahaman peserta. Program ini mendukung peningkatan kualitas pendidikan nasional melalui penguatan kompetensi guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025