Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan aplikasi meme; memudahkan para guru di era society 5.0 terutama dalam proses meme untuk literasi secara daring; dan memberikan pengalaman baru kepada para guru. Diharapkan pada akhirnya Guru mendapatkan kemudahan dalam pembelajaran literasi yang dibuat secara daring. Kegiatan ini menggunakan platform. Metode yang akan digunakan dalam pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yakni berbentuk pengenalan, pelatihan/praktik, pendampingan dan evaluasi. Dengan menggunakan platform meme membuat kegiatan berliterasi lebih menarik dan memikat peserta didik. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa media baru untuk literasi seperti meme dapat menjadi alat yang efektif untuk melestarikan dan menyebarkan nilai-nilai budaya, pendidikan, ekspresi diri bahkan promosi lembaga. Selain itu, kegiatan ini juga meningkatkan kesadaran akan adaptasi ke digital terhadap perkembangan zaman yang terus berlari dengan cepat di kalangan generasi muda yang merupakan penerus bangsa. Pengenalan platform ini diharapkan tidak hanya diperkenalkan terbatas kepada guru di lingkungan SKB, namun juga bisa diperkenalkan kepada guru lintas sekolah lainnya. Hal ini membutuhkan kerjasama dari semua pihak untuk mewujudkan kegiatan ini. Oleh karena itu, kerjasama dengan pihak terkait merupakan bagian dari rencana tahapan berikutnya bagi tim pelaksana dalam rangka memperkenalkan platform ini di setiap sekolah yang membutuhkan. The aim of this community service activity is to provide socialization on the use of meme applications; make it easier for teachers in the era of society 5.0, especially in the process of memes for online literacy and provide new experiences to teachers who ultimately find it easier to learn literacy online. This activity uses a platform. The methods that will be used in implementing the Community Partnership Program (PKM) are in the form of introduction, training/practice, mentoring and evaluation. Using the meme platform makes literacy activities more interesting and captivates students. The results of this activity show that new media for literacy such as memes can be an effective tool for preserving and spreading cultural values, education, self-expression and even institutional promotion. Apart from that, this activity also increases awareness of digital adaptation to developments that continue to run rapidly among the younger generation as the future leader. It is hoped that the introduction of this platform will not only be introduced to teachers in the SKB environment, but also be introduced to teachers across other schools. This requires cooperation from all parties to make this activity a reality. Therefore, collaboration with related parties is part of the next stage plan for the implementation team in order to introduce this platform in every school that needs it.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025