ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora
Vol. 3 No. 1 (2025): Agustus

Konsep Pendidikan Islam dalam Risalat Al-Tawhid Karya Muhammad Abduh: Analisis Pemikiran Rasionalisme dalam Pendidikan

Iqbal, Muhammad Raka Iqbal Fadil Muharom (Unknown)
Tenny Sudjatnika (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis konsep pendidikan Islam dalam "Risalat al-Tawhid" karya Muhammad Abduh dengan fokus pada pendekatan rasionalisme dalam pendidikan. Menggunakan metode analisis deskriptif-interpretatif dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengkaji tiga aspek utama: konsep pendidikan Islam menurut Muhammad Abduh, peran rasionalisme dalam pendidikan Islam, dan integrasi antara akal dan wahyu dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Abduh berhasil memformulasikan konsep pendidikan Islam yang holistik dengan meletakkan tauhid sebagai fondasi epistemologis yang mengintegrasikan pengembangan intelektual, spiritual, dan moral. Rasionalisme dalam pemikiran Abduh merupakan revitalisasi tradisi rasional Islam yang menekankan penggunaan dalil sebagai landasan pencarian kebenaran, bukan adopsi buta dari Barat. Kontribusi paling signifikan Abduh adalah formulasinya tentang integrasi harmonis akal dan wahyu dalam pembelajaran, di mana keduanya bersifat komplementer. Konsep ini menolak dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum, serta mendorong metodologi pembelajaran yang mengombinasikan dimensi rasional dan spiritual. Temuan penelitian ini memiliki relevansi tinggi bagi pengembangan pendidikan Islam kontemporer, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang menuntut kemampuan berpikir kritis tanpa meninggalkan nilai-nilai spiritual Islam.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

arima

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora Jurnal yang diterbitkan 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang ...