Guru masih mengunakan metode ceramah dan minim menggunakan media pembelajaran yang digunakan masih berupa media cetak, dan guru belum bisa memanfaatkan media yang berbasis teknologi untuk menunjang pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Renderforest pada pembelajaran berdiferensiasi kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini merupakan pengembangan atau R&D (Research and Development) peneliti menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan di SDN 1 Kertayasa pada peserta didik kelas IV yang berjumlah 30 orang. Uji validasi dilakuakan kepada dua orang ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Hasil validasi yang diperoleh dari para validator adalah ahli materi memperoleh nilai 90% dan ahli materi memperoleh nilai 93%. Peneliti menyebarkan angket respon pendidik dan respon peserta didik hasil yang diperoleh dari respon pendidik 90% dan respon peserta didik adalah 77% darik hasil tersebut media yang dikembankan dinyatakan layak untuk digunakan. Peneliti juga melakukan tes pretest dann posttest untuk mengukur keefektivan media tersebut, yang dianalisis mengguanakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji paired sample T-Test. Hasil uji analisis data menunjukan bahwa data yang diperoleh bersifat normal dan homogen. Uji paired simple test memperoleh sig 0,00 . Dengan demikian nilai (sig 2-tailed) 0,00 < 0,05 menunjukan terdapat pengaruh signifikan pada pretest dan posttest.
Copyrights © 2025