Integrasi nilai Tri Hita Karana dan Kalosara dalam pembelajaran di sekolah dasar menawarkan pendekatan pendidikan berbasis budaya untuk mengembangkan karakter siswa yang harmonis dalam aspek spiritual, sosial, dan ekologis. Penelitian ini dipilih untuk menjawab kebutuhan pelestarian nilai budaya lokal di tengah modernisasi, dengan fokus pada penguatan karakter melalui pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi pada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan Integrasi nilai Tri Hita Karana dan Kalosara dalam pembelajaran di sekolah dasar menunjukkan bahwa penggabungan kearifan lokal ini berkontribusi secara signifikan terhadap pengembangan karakter siswa. Dengan mengedepankan tiga aspek utama dari Tri Hita Karana (hubungan dengan Tuhan, sesama, dan lingkungan) serta nilai-nilai Kalosara seperti persatuan, keadilan, dan kesopanan, siswa dapat belajar untuk hidup harmonis dalam masyarakat yang beragam dan menjaga keseimbangan dengan lingkungan sekitar. Integrasi ini memperkuat nilai spiritual, sosial, dan ekologis dalam diri siswa, yang sesuai dengan tujuan pendidikan karakter dan relevan dalam menghadapi tantangan modern.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025