ABSTRAK Penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas tiga SDN Sembung 02 tahun 2023/2024. Data yang telah di kumpulkan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan pencatatan dokumen kemudian dianalisis dengan metode deskrifti kuantitatif dan dmeskripsi kualitatif.Hasil penelitian menunjukan bahwa metode jigsaw learning dapat meni singkatkan prestasi belajar tema tiga subtema satu pembelajaran lima pada siswa kelas tiga SDN Sembung 02 Kecamatan Banyuputih Kabupaten Batang. Secara kuantitatif tampak dari perolehan nilai Pada pra siklus terdapat 4 siswa yang tuntas dalam pemeblajaran dengan persentase 25% dan 12 siswa yang belum tuntas dengan presentase 75%. Pada prasiklus nilai rata-rat siswa adalah 62,125. Kemudian pada siklus 1 terdapat 8 siswa yang tuntas dalam pemebelajaran presentase 50% dan 8 siswa yang belum tuntas dengan presentase 50%. Untuk nilai rata-rata siswa adalah 68,375. Dan yang terakhir adalah siklus II yang mana terjadi peningktan hasil belajar yang cukup signifikan. Terhadap 14 siswa yang tuntas dalam pemeblajaran dengan presentase 87,5% dan 2 siswa yang belum tuntas dengan presentase 12,5%. Pada siklus II ini nilai rata-rata siswa adalah 78,125.
Copyrights © 2024