Materi bagian tubuh tumbuhan di sekolah masih dirasa sulit bagi siswa. siswa-siswanya belum memahami prosedur pembuatan herbarium dari tumbuhan. Pembuatan herbarium yang ada di sekolah tersebut perlu dikembangkan agar pembelajaran berjalan lebih efektif. Untuk mengetahui kemampuan membuat herbarium untuk mengembangkan soft skills siswa sebagai media pembelajaran IPAS di SD N 2 Krasak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N 2 Krasak yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian terbagi menjadi 2 kali pertemuan tatap muka di kelas. Penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran project best learning sebagai model pembelajarannya, yang mana lebih banyak melibatkan peserta didik berperan aktif di dalam kelas dengan berdiskusi kelompok dan presentasi. Metode pembagian kelompok yang digunakan oleh pengajar adalah metode acak.membuat herbarium sebagai media pembelajaran IPAS untuk mengembangkan soft skills siswa kelas IV SD N 2 Krasak melalui 7 indikator yang dinilai memaksimalkan keterampilan berkomunikasi, berpikir kritis dan memecahkan masalah, kerja sama tim, belajar sepanjang hayat dan manajemen informasi, memiliki jiwa kewirausahaan, etika moral dan profesional serta keterampilan kepemimpinan. Hasil persentase 7 indikator yang dinilai melalu lembar observasi pada pertemuan I dengan nilai 70,2% dan pertemuan II mengalami perkembangan dengan nilai 89,7%.Â
Copyrights © 2024