Indonesian Journal of Elementary School
Vol 4, No 2 (2024): November 2024

KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI PEDURUNGAN KIDUL 05

Nisa, Aulia (Unknown)
Yosohartono, Aloysius Yohanes Soegeng (Unknown)
Suyitno, Suyitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV dengan materi Wujud Zat dan Perubahannya. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah model project based learning efektif terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 05 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 28 siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 05 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan 28 siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 03 sebagai kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Sampling yang digunakan penelitian adalah teknik non probability sampling yang merupakan jenis sampling jenuh karena teknik penentuan sampel ini digunakan apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil analisis pada aspek pengetahuan berdasarkan dk = n1 + n2 = 28 + 28 2 = 54, a 5%, ttabel = 2.0049 thitung 2.810. Maka thitung ttabel sehingga H0  ditolak. Artinya memiliki perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai postest aspek pengetahuan kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan adanya perbedaan hasil belajar dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...