Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV dengan materi Wujud Zat dan Perubahannya. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah model project based learning efektif terhadap hasil belajar IPAS kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 05 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 28 siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 05 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan 28 siswa kelas IV SD Negeri Pedurungan Kidul 03 sebagai kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Sampling yang digunakan penelitian adalah teknik non probability sampling yang merupakan jenis sampling jenuh karena teknik penentuan sampel ini digunakan apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Hasil analisis pada aspek pengetahuan berdasarkan dk = n1 + n2 = 28 + 28 2 = 54, a 5%, ttabel = 2.0049 thitung 2.810. Maka thitung ttabel sehingga H0  ditolak. Artinya memiliki perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai postest aspek pengetahuan kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dapat disimpulkan adanya perbedaan hasil belajar dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024