Media pembelajaran sangat membantu guru untuk memahami suasana kelas, media pembelajaran dipergunakan dalam rangka mempersiapkan siswa menghadapi era revolusi industri yang menuntut keterampilan abad 21 yakni berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi, dan berkolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap media audiovisual dengan animasi berbasis canva dalam materi perubahan wujud benda pada kelas III SD dan mengevaluasi kevalidan dari media tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang terdapat lima fase: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Data yang diperoleh berasal dari ahli materi, ahli media, guru kelas dan siswa kelas IIIB. Hasil uji validasi oleh 2 ahli media dan masing-masing dilaksanakan secara 2 tahap dihasilkan presentase 97%. Pada validasi ahli materi dilaksanakan oleh 2 validator dan dihasilkan 86%. Pada uji coba lapangan hasil perolehan angket respon guru sebesar 94% dan berdasarkan angket respon siswa memperoleh 91%. Kepraktisan media pembelajaran video pembelajaran audiovisual dengan animasi berbasis Canva melalui validasi oleh ahli media pada aspek kesederhanaan pengoperasian. Pada aspek tersebut memperoleh skor 93% pada tahap kedua oleh validator ahli media 1 maupun ahli media 2.Â
Copyrights © 2024