Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi belajar siswa Kelas V SDN Sumberejo 2 Kabupaten Demak, (2) mengetahui kemampuan numerasi siswa kelas V SDN Sumberejo 2 Kabupaten Demak, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar matematika terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V di SDN Sumberejo 2 Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian regresional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SDN Sumberejo 2. Sampel yang diambil adalah siswa kelas V SDN Sumberejo 2 dengan menggunakan teknik sampling purposive. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil dari anlisis data menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000  0.05 yang berrati bahwa ada pengaruh antara variable X terhadap variabel Y. Nilai R Square (R2) sebesar 0,597, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh motivasi belajar matematika (X) terhadap kemampuan numerasi (Y) siswa adalah sebesar 59,7% sedangkan sisanya 40,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SDN Sumberejo 2.
Copyrights © 2024