Indonesian Journal of Elementary School
Vol 4, No 2 (2024): November 2024

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V SDN SUMBEREJO 2 KABUPATEN DEMAK

Amanda, Zirli Rosalia (Unknown)
Azizah, Mira (Unknown)
Subekti, Ervina Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui motivasi belajar siswa Kelas V SDN Sumberejo 2 Kabupaten Demak, (2) mengetahui kemampuan numerasi siswa kelas V SDN Sumberejo 2 Kabupaten Demak, (3) mengetahui pengaruh motivasi belajar matematika terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V di SDN Sumberejo 2 Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian regresional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SDN Sumberejo 2. Sampel yang diambil adalah siswa kelas V SDN Sumberejo 2 dengan menggunakan teknik sampling purposive. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil dari anlisis data menunjukkan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000  0.05 yang berrati bahwa ada pengaruh antara variable X terhadap variabel Y. Nilai R Square (R2) sebesar 0,597, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh motivasi belajar matematika (X) terhadap kemampuan numerasi (Y) siswa adalah sebesar 59,7% sedangkan sisanya 40,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan numerasi siswa kelas V SDN Sumberejo 2.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...