Indonesian Journal of Elementary School
Vol 4, No 2 (2024): November 2024

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN BEEBASIS AR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 02 PODO PEKALONGAN

Ulfa, Ifana Nela (Unknown)
Setianingsih, Eka Sari (Unknown)
Subekti, Ervina Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas pembelajaran model PBL berbantu media pembelajaran berbasis AR terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Podo pekalongan. Pengumpulan data melalui beberapa cara antara lain dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desaign one-group pretest-postest.  Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh hasil belajar pretest dengan rata-rata sebesar 58,5 dan hasil belajar posttest rata-rata yang diperoleh sebesar 74,5, kemudian dilakukan analisis hasil data menggunakan Uji-t yang akan mengungkapkan apakah perlakuan tersebut efektif atau tidak. Dengan thitung sebesar 6,573 dengan db = 27 dan taraf signifikan 5% didapatkan ttabel sebesar 2,052. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada efektivitas yang signifikan antara nilai sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran PBL berbantu media pembelajaran berbasis AR terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN 02 Podo Pekalongan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijes

Publisher

Subject

Education

Description

Fokus IJES pada bidang ilmu pendidikan secara umum, yang meliputi: Inovasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar, Media pembelajaran di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan IPS di sekolah dasar, pendidikan olahraga di sekolah dasar, pendidikan bahasa di sekolah dasar, pendidikan ...