Dimana Penelitian ini berawal dari keingintahuan penulis tentang status gizi, motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP N 2 Lubuklinggau. Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui seberapa baik status gizi, seberapa baik motivasi dan seberapa baik hasil belajar siswa SMP N 2 Lubuklinggau dalam pembelajaran penjasorkes. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini diambil dari kelas VIII SMP N 2 Lubuklinggau sebanyak 200 siswa, sedangkan cara pengambilan sampelnya menggunakan purposive random sampling. Instrument yang digunakan untuk status gizi diperoleh berdasarkan pengukuran antropometri yaitu berat badan menurut umur (BB/U), motivasi belajar dengan menggunakan skala Likert yaitu dengan memberikan angket sedangkan hasil belajar didapatkan dari nilai rapor. Didapat hasil dari status gizi putra yang memiliki status gizi baik sebanyak 85,71% dan yang memiliki gizi sedang 14.29%. Sedangkan putri yang memiliki gizi baik sebanyak 50% dan gizi sedang sebanyak 50%. Untuk motivasi belajar siswa SMP N 2 Lubuklinggau didapatkan hasil putra yang memiliki motivasi belajar baik sekali 7,14%, baik 85,71% dan sedang 7,14%, sedangkan putri yang memiliki motivasi belajar yang baik sekali 10%, baik 40% dan sedang 50%. Pada hasil belajar didapatkan ketuntasan 100% baik putra maupun putri. Jadi, dari keseluruhannya siswa-siswi SMP N 2 Lubuklinggau memiliki status gizi yang baik, memiliki motivasi belajar yang baik dan begitu juga dengan hasil belajar yang ditentukan tercapai dengan hasil yang sangat baik.
Copyrights © 2023